Translate

Wednesday, March 7, 2012

Video tutorial setting hotspot mikrotik+pppoe tanpa script dlm 10 mnt

biasanya, salah satu kebingungan untuk pemula dalam membuat jaringan rtrw-net adalah cara setting mikrotik untuk hotspot,
link berikut ini dalah tutorial terbaik yang pernah sy liat:
http://www.youtube.com/watch?v=rBDJ24VQfQw

(jangan permasalahkan bahasa-nya)

step2-nya sangat bagus, silakan di play-pause-rewind supaya lebih paham..

hal-hal yang perlu diperhatikan:

1. jika mikrotik anda belum ada paket user manager (default rb750/750g/750gl tidak ada), silakan ditambahkan dulu dengan melakukan upgrade ke router os yg lebih baru, sekaligus menambahkan paket usermanager-nya. ingat, jangan tambahkan semua paket (all-package) karena akan membuat routerboard macet, tapi sesuaikan dg paket yg sdh ada+usermanager. caranya extract dulu file zip upgrade-nya, kemudian drag dari windows explorer ke winbox-files (buka winbox-file dulu tentunya). setelah semua ter-copy reboot mikrotik-nya. setelah reboot maka mikrotik otomatis sdh ter-upgrade. (cara ini hanya berlaku untuk ver 4.xx ke atas)

2. tutorial ini menggunakan modem adsl yang di set bridge, jika tidak mau merubah modem ke bridge, atau cukup dg standard setingan dari speedy, bisa tambahkan dhcp client untuk koneksi internetnya. caranya dari menu winbox-ip-dhcp client, gunakan interface 1, dan pastikan peer dns, peer ntp, dan default route di aktifkan (dicentang). saya lebih rekomen pake dhcp client sebab tidak semua modem begitu di set mode bridge bisa langsung jalan, ada yg masih perlu merubah parameter setting lainnya, takutnya gara2 modem yg macet malah bikin gagal semua. jadi video tutor untuk step setting dial-up adsl bisa di lewatkan.

3. port 3-4-5 belum di aktifkan, untuk lebih praktisnya, setting sj sebagai slave dari interface 2 (kolom masterport diisi dengan ether2)

4. perlu di tambahkan/enable ntp client, masukkan ip 140.112.2.189 untuk primary, dan 203.160.128.3 untuk secondary. fungsinya untuk update jam dan kalender jika terhubung dengan server. caranya dari winbox-system-ntp client. dan jangan lupa set time zone ke gmt+7 untuk wib (winbox-system-clock)

5. modifikasi tampilan hotspot sesuai dengan nama rtrw-net anda. bisa contek dari yg sudah ada. bisa googling sendiri. jk sdh dpt, copy/drag folder hotspot login ke winbox-files, kemudian dari winbox-hotspot-server profile, buka hotspot profile yg aktif/digunakan, dan arahkan html directory ke nama folder hotspot login yg baru.
tips jika anda tidak mau pusing dengan script html, anda bisa hanya modifikasi/ganti file2 image-nya sj spt background dll.

6. tambahkan firewall filter jika perlu (jika klien ada yg pake win-xp jadul dan tidak terupdate, firewall filter ini wajib di tambahkan). silakan googling script firewall filternya, kemudian copy text script-nya ke winbox-new terminal

7. sampe disini kita sdh punya server hotspot,
jika port 2-5 kita colok ke komputer, sdh muncul halaman login hotspot
tinggal bikin bbrp user profile untuk pengaturan jatah speed, misalnya untuk klien dg speed 256kbps, bisa masukkan parameter "rate limit" ini:
64k/256k 128k/512k 50k/192k 20/20 7 50k/50k
untuk speed 128:
64k/128k 80k/512k 40k/90k 20/20 8 50k/50k

bikin user, dari menu ip-hotspot-users
ketik nama, password dan pilih user profile yg sesuai

video tutorial ini sangat cocok untuk newbie maupun yg sdh sering mainan mikrotik tapi masih belum terkonsep dg rapi, karena step-step-nya sangat efisien






yg mau pake login page yg sy pake, silakan dowload dari sini



di copas dari forum KIOS (Komunitas Indonesia Open Source)