Translate

Wednesday, November 23, 2011

Cerita: Memulai Bisnis RTRW Net

Teori Repeater berantai adalah sebuah ujung hasil pemikiran dari pengalaman saya sampai saat ini.
Tapi tahukah Anda bagaimana saya mengawali bisnis RTRWNet?
Modal awalnya cuma 50rb rupiah!!
itu adalah ongkos fotocopy brosur RTRW Net yang saya print seukuran kertas A4 potong jadi 2 lembar
Sebar brosurrrr....
lihat reaksi pasar pelanggan
ternyata respon positif, ada sekitar 30 responden yg telpon
dinilai cukup kuota, jalankan...
Tapi...
belum tau seluk beluk per-wifi-an walopun sudah jadi pekerja IT dari th 1997, gimana caranya ya? namanya pigtail aja belum tau
Ada ide ... cari partner ah... yang sudah punya pengalaman, gak perlu terlalu pintar, yg penting sudah pernah setting AP
dapet partner, akhirnya diputuskan untuk jalan bareng, modal bareng, ide bareng, hasil bareng 50-50, pokoknya semua serba bareng...
terkumpul modal, beli AP linksys, pigtail, antena omni peralon, coba-coba-coba.... hore bisa...
tapi lagi...
mau dipasang dimana ya?
Ada ide lagi... pasang di rumah orang yg paling strategis, dengan pertimbangan dari hasil responden brosur. tentunya dengan imbalan kasih akses internet gratis + bayarin abonemen telkom. ternyata orangnya mau...  beres dah untuk urusan yg satu ini.
beli pipa satu batang, pasang AP diatas rumah tingkat +/- 12 m tingginya., linksys dimasukkan kedalam bak tempat sampah kotak yang dibalik, wes cakep...  tempat sampah bisa mengudara
bersamaan dengan itu pula langsung ajuin speedy ke telkom.
langsung mengudara...
Tataaapi...
satu bulan pertama pelanggannya cuma 3 yang masuk..
stress cari penyebabnya, ketemu
1. sinyal gak bisa mancar jauh, 100m sinyal sdh koit..
2. calon pelanggan gak mau kalo harus beli antena grid, apalagi wajan yang biasanya cocok buat goreng.

Tink...  ada ide..!!
karena modal tipis, bagaimana kalo mbikin antena sendiri, ahaa.. ide yang bagus...
mulai googling, beli bahan antena, beli usb adapter (sampe 3 biji). dengan semangat, masak anak stm kagak bisa bikin antena cuma kayak gitu doang.. (waktu itu liatnya adalah antena yg dibikin dari kabel coaxial yang dipotongsambungkan selang-seling. ujicoba beberapa rumus & ukuran,    dan sampe pada kesimpulan, ternyata hasilnya sama saja, gak bisa kemana2 sinyalnya. pantang menyerah, cari alternatif model lain
sampe akhirnya ketemu model waveguide, waveguide is the best.. ini antena low lost, high eficiency terbaik untuk microwave, yg saya baca dari referensinya.
hohwahem... wis ngantuk tadi habis meeting sama boss sampe jam 9 mlm, cuwape..
segini dulu ceritanya...
laen kali sambung lagi ceritanya....  kalo inget hehehe...
hanya ingin nyampein poin buat para pemula, jangan pernah takut memulai sesuatu, jalanin dulu aja.. disetiap kesulitan Tuhan sudah kasih solusinya, tinggal kita yang disuruh cari solusinya itu... yang penting action, action, dan action...

NB: copas dari forum RTRW Net